tugas online 1 pelayanan gadar


Tugas Online 1 . Sesi 11
Manajemen Pelayanana RS
Pelayanan Kegawatdaruratan

Nama : Ira Maya Kartika
Nim : 20160301193


Pengertian :

UU RI NO 44 tentang RS Gawat Darurat adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut
Pelayanan gawat darurat (emergency care) adalah bagian dari pelayanan kedokteran yang dibutuhkan oleh penderita dalam waktu segera (imediately) untuk menyelamatkan kehidupannya (life saving). Instalasi kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan gawat darurat disebut dengan nama Instalasi Gawat Darurat (emergency unit). Tergantung dari kemampuan yang dimiliki, keberadaan IGD tersebut dapat beraneka macam, namun yang lazim ditemukan adalah yang tergabung dalam rumah sakit (hospital based emergency unit). Hanya saja betap apun telah majunya sistem rumah sakit yang di anut oleh suatu negara, bukan berarti tiap rumah sakit memiliki kemampuan mengelola IGD sendiri, untuk mengelola kegiatan IGD memang tidak mudah penyebab utamanya adalah karena IGD adalah salah satu dari unit kesehatan yang padat modal, padat karya dan padat teknologi (Margaretha, 2013).

Tujuan gawat darurat :
·         Pertolongan cepat dan tepat untuk mencegah Kematian maupun kecacatan
·         Untuk memberikan pertolongan pertama bagi pasien yang datang dan menghindari berbagai resiko, seperti: kematian , menanggulangi korban kecelakaan, atau bencana lainnla yang langsung membutuhkan tindakan.
·         Memberikan pelayanan komunikatif, cepat dan tepat selama 24 jam terus  menerus
·         Tercapainya suatu pelayanan kesehatan yang optimal, terarah dan terpadu bagi setiap anggota masyarakat  yang berada dalam keadaan gawat darurat.

Sistem yang berkaitan dengan pelayanan gawat darurat :

UGD yang baik harus memiliki Triage yang baik. Triage mempunyai arti menyortir atau memilih. Dirancang untuk menempatkan pasien yang tepat diwaktu yang tepat dengan pemberi pelayanan  yang tepat. Triage merupakan suatu proses khusus memilah pasien berdasar beratnya cedera atau penyakit dan menentukan jenis perawatan gawat darurat serta transportasi. Dan merupakan proses yang berkesinambungan sepanjang pengelolaan. Standart waktu yang di perlukan untuk melakukan triase adalah 2-5 menit untuk orang dewasa dan 7 menit untuk pasien anak-anak.
Dalam Triage tidak ada standard nasional baku, namun ada 2 sistem yang dikenal, yaitu:
1.                           METTAG (Triage tagging system). Sistim METTAG merupakan suatu pendekatan untuk memprioritisasikan tindakan.
Prioritas Nol (Hitam) :
ü  Mati atau jelas cedera fatal.
ü  Tidak mungkin diresusitasi.
Prioritas Pertama (Merah) :
Cedera berat yang perlukan tindakan dan transport segera.gagal nafas, cedera torako-abdominal, cedera kepala / maksilo-fasial berat, shok atau perdarahan berat, luka bakar berat.
Prioritas Kedua (Kuning) :
Cedera yang dipastikan tidak akan mengalami ancaman jiwa dalam waktu dekat :
ü  cedera abdomen tanpa shok,
ü  cedera dada tanpa gangguan respirasi,
ü  fraktura mayor tanpa shok,
ü  cedera kepala / tulang belakang leher,
ü  luka bakar ringan.
Prioritas Ketiga (Hijau) :
Cedera minor yang tidak membutuhkan stabilisasi segera :
ü  cedera jaringan lunak, fraktura dan dislokasi ekstremitas,
ü  cedera maksilo-fasial tanpa gangguan jalan nafas, gawat darurat psikologis.
A.    Sistem Triage dipengaruhi oleh:
Ø  Jumlah tenaga profesional dan pola ketenagaan
Ø  Jumlah kunjungan pasien dan pola kunjungan pasien
Ø  Denah bangunan fisik unit gawat darurat
Ø  Terdapatnya klinik rawat jalan dan pelayanan medis

B.     Sistem Pelayanan Gawat Darurat
Pelayanan gawat darurat tidak hanya memberikan pelayanan untuk mengatasi kondisi kedaruratan yang di alami pasien tetapi juga memberikan asukan keperawatan untuk mengatasi kecemasan pasien dan keluarga. Sistem pelayanan bersifat darurat sehingga perawat dan tenaga medis lainnya harus memiliki kemampuan, keterampilan, tehnik serta ilmu pengetahuan yang tinggi dalam memberikan pertolongan kedaruratan kepeda pesien.

Referensi
UU RI NO 44 tentang RS Gawat Darurat.

Margaretha, 2013. Pelayananan Gawat Darurat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Online 5 Prosedur Pelayanan Farmasi